Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas dan Khawatir

Dewasa ini, minat masyarakat terhadap penggunaan kendaraan pribadi terus meningkat dari tahun ke tahun. Kendaraan pribadi, bagi masyarakat Indonesia, memang sudah seperti kewajiban. Memiliki kendaraan pribadi berarti memberikan kemudahan mobilitas dan juga memaksimalkan aktivitas. Demi menjaga keamanan kendaraan pribadi dan juga diri Anda, alangkah baiknya Anda mulai menggunakan asuransi kendaraan sebagai langkah aman jika nanti terjadi sesuatu.

Kebanyakan orang pasti menganggap asuransi hanya buang-buang saja. Tidak! Itu adalah pola pikir dan pandangan yang salah terhadap asuransi. Asuransi kendaraan bukanlah hal tidak berguna yang tidak perlu Anda lakukan, melainkan sebagai penyelamat Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Mari kita terlebih dahulu pandangan terhadap “asuransi”.

ilustrasi kecelakaan mobil
Ilustrasi: Kondisi Mobil Akibat Kecelakaan

Kenapa Harus Menggunakan Asuransi Kendaraan?

Begini, sederhananya, asuransi adalah sebuah jasa layanan yang memberikan Anda jaminan sesuai perjanjian yang ditetapkan. Kalau kendaraan yang Anda asuransikan, Anda akan mendapatkan jaminan jika terjadi sesuatu pada kendaraan Anda. Contohnya, Anda mengalami kecelakaan dan kendaraan Anda mengalami kerusakan karenanya. Apa cuma itu saja alasan untuk menggunakan asuransi? Tidak. Berikut adalah hal-hal yang layak Anda pertimbangkan untuk akhirnya memilih menggunakan asuransi.

1. Menyelamatkan Aset Anda

Perhatikan kondisi seperti ini, Anda baru saja membeli mobil seharga ratusan juta dan kendaraan Anda mengalami kerusakan. Jika Anda tidak mempunyai asuransi, Anda pasti akan menganggung biaya perbaikannya sendiri. Maka dari itu, di sini adalah peran penting asuransi kendaraan untuk Anda. Benar sekali, dengan adanya asuransi, aset Anda berupa mobil senilai ratusan juta itu akan lebih aman.

Asuransi ini tidak hanya memberikan jaminan bantuan saat kendaraan Anda mengalami kecelakaan saja. Namun, kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa berdampak buruk terhadap kendaraan Anda. Asuransi juga akan membantu Anda jika kendaraan Anda dicuri. Bantuan yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang telah Anda sepakati sebelumnya dengan pihak asuransi yang Anda percaya.

2. Membantu Anda Bertanggung Jawah Terhadap Pihak Ketiga

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, dan kecelakaan pun tidak hanya melibatkan diri sendiri; walaupun kemungkinan potensi kecelakaan tunggal tetap ada. Bisa saja kecelakaan melibatkan pihak ketiga dan kebetulan Anda harus bertanggung jawab terhadap pihak ketiga tersebut. Saat berada di posisi ini pasti Anda akan sangat pusing. Mengganti biaya dan mungkin juga mengurus hukum.

Anda tidak perlu khawatir jika Anda memiliki asuransi saat terjadi hal serupa. Pihak asuransi akan mengambil alih tanggung jawab Anda jika terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Biaya yang harus Anda bayar kepada pihak ketiga kini menjadi tanggung jawab penyedia asuransi Anda.

3. Mengemat Waktu Anda

Saat terjadi kecelakaan tentu Anda harus menempuh beberapa proses yang wajib Anda lalui. Tidak ada yang namanya nyaman saat menempuh proses pasca kecelakaan. Proses ini mungkin bagi Anda adalah proses panjang, sulit, dan tidak menyenangkan yang mau tidak mau wajib Anda lalui. Jika Anda mempunyai asuransi, Anda tidak perlu repot-repot mengurusnya karena hal itu semua akan ditangani oleh pihak asuransi Anda.

4. Memberikan Ketenangan Dalam Berkendara

Anda punya asuransi? Kalau punya, pasti tidak ada hal-hal aneh yang Anda pikirkan saat berkendara. Contohnya saja memikirkan tentang kecelakaan. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan terjadinya kecelakaan dan kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan itu. Di sinilah peran penting asuransi bagi Anda.

Asuransi berperan sebagai pelindung Anda. Dengan memiliki asuransi, Anda tidak perlu berpikir aneh-aneh saat berkendara. Berkendaralah dengan nyaman karena jika terjadi sesuatu, Anda memiliki asuransi; ya, pihak asuransi akan mengurus segalanya. Singkatnya, Anda tidak akan menjadi paranoid saat berkendara. Menangankan sekali, bukan?

5. Melindungi Anda

Sebentar, perlu diluruskan terlebih dahulu mengenai “asuransi kendaraan”. Asuransi ini tidak hanya mencakup jaminan kendaraan Anda, tapi juga terhadap kesehatan Anda dalam berkendara. Skenario terburuknya, jika terjadi kecelakaan, mobil Anda mengalami kerusakan dan Anda pun juga harus masuk rumah sakit. Dalam kondisi seperti itu, asuransi juga akan menjamin biaya kesehatan Anda.

Mengenai hal ini atau cakupan-cakupan asuransi, perlu Anda pahami dan teliti dulu pada saat perjanjian asuransi.

6. Sebagai Sarana Investasi

Poin utama dari asuransi adalah melindungi aset atau memberikan jaminan. Dengan demikian, jika Anda memang mencari hal seperti itu, gunakanlah asuransi. Pasti akan sangat menguntungkan jika Anda memiliki sarana yang mencakup banyak hal, bukan? Ya, asuransi lah yang bisa melakukan hal demikian. Sekarang, mulai saatnya Anda untuk lebih terbuka terhadap pengetahuan tentang asuransi atau bahkan mulai menggunakan asuransi.

Berapa Biaya Premi Asuransi?

Menggunakan asuransi berarti Anda harus membayar premi. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan “premi”? Singkatnya, premi adalah besaran uang yang harus Anda bayarkan sebagai bentuk kewajiban kepada penyedia asuransi. Besaran premi sendiri disesuaikan berdasarkan beberapa faktor, jelasnya, besaran premi ini disesuaikan terhadap keadaan pengguna asuransi atau tertanggung. Berikut yang menjadi pertimbangan penentuan besaran premi asuransi.

1. Jenis dan Harga Kendaraan

Saat Anda menggunakan asuransi kendaraan, faktor utama sebagai penentu besaran premi asuransi adalah jenis dan harga kendaraan yang Anda asuransikan. Kendaraan dalam asuransi sendiri dibagi menjadi tiga kategori yaitu kendaraan non-bus dan non-truk, kendaraan bus dan truk, serta kendaraan roda dua. Pembagian ini berlaku untuk produk asuransi All Risk dan Total Loss Only (TLO).

Kendaraan Anda akan dikategorikan terlebih dahulu oleh pihak penyedia asuransi. Setelah itu, harga kendaraan Anda dipertimbangkan untuk penentuan besaran premi asuransi. Harga kendaraan juga dibagi menjadi kategori. Semakin mahal kendaraan yang Anda miliki, maka semakin besar premi yang harus Anda bayarkan kepada penyedia asuransi.

2. Wilayah Pertanggungan

Wilayah pertanggungan adalah tahap lanjutan penentuan besaran premi, setelah mempertimbangkan jenis dan harga kendaraan. Wilayah pertanggungan terdiri dari tiga bagian. Berikut adalah wilayah-wilayah pertanggungan.

  • Wilayah 1 meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Kepulauan Riau, Riau, Bangka-Belitung, Jambi, Lampung, dan Bengkulu.
  • Wilayah 2 meliputi Banten, Bandung, Jakarta, Bogor, Cirebon, Purwakarta, Subang, Garut, Karawang, Sumedang, Tasikmalaya, Banjar, dan Ciamis.
  • Wilayah 3 meliputi wilayah-wilayah yang tidak tercantum pada wilayah 1 dan wilayah 2.

3. Umur Kendaraan

Umur kendaraan adalah tahap terakhir dalam pertimbangan penentuan besaran premi asuransi yang harus Anda bayarkan. Setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki peraturan dan kebijakannya masing-masing, maka hal tersebut harus benar-benar Anda perhatikan. Umumnya, semakin tua umur kendaraan yang Anda miliki, semakin besar pula premi yang harus Anda bayarkan.

Untuk jenis asuransi All Risk, melihat dari peraturan yang telah dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), telah ditetapkan bahwa kendaraan yang sudah berumur lebih dari lima tahun akan memiliki tambahan 5% per tahunnya.

cara memilih asuransi kendaraan

Cara Memilih Penyedia Asuransi yang Tepat

Anda ragu memilih penyedia asuransi? Boleh Anda ragu, itu wajar. Dan yang harus Anda lakukan adalah meyakinkan diri Anda dengan informasi-informasi akurat yang Anda peroleh menyangkut penyedia asuransi. Hal ini sangat penting jika Anda ingin memilih penyedia asuransi yang benar-benar cocok untuk kebutuhan Anda. Di antara banyak penyedia asuransi, Anda harus benar-benar cermat memilih yang sesuai untuk Anda. Berikut cara memilih penyedia asuransi yang tepat.

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Pertama-tama, perhatikan kondisi kendaraan yang ingin Anda asuransikan. Perhatikan setiap bagian dari kendaraan Anda. Setelah Anda benar-benar paham mengenai kondisi kendaraan Anda, sekarang saatnya menentukan jenis asuransi yang tepat untuk kebutuhan Anda. Ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi yang hanya akan menjamin kerusakan kendaraan Anda jika kerusakan tersebut di atas 75% saja. Berarti, jika kendaraan Anda mengalami kerusakan ringan dan sedang, tidak akan dijamin oleh asuransi Anda.

Asuransi All Risk

Jenis asuransi All Risk adalah jenis asuransi yang mencakup jaminan untuk hampir semua resiko yang kemunkingan terjadi pada kendaraan Anda; resiku kecil atau bahkan besar sekalipun. Namun, ini tetap tergantung dari kebijakan penyedia asuransi. Maka dari itu, Anda harus benar-benar memperhatikan perjanjian di awal asuransi. Perhatikan jika ada pengecualian pada polis asuransi Anda.

Ingat, selalu perhatikan kebijakan penyedia asuransi, apakah ada pengecualian atau tidak atau hal lainnya. Ini bisa menyelamatkan Anda dari kerugian yang tidak diinginkan nantinya.

2. Ketahui Rincian Keuntungan Produk

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih produk asuransi, perhatikan terlebih dahulu mengenai keuntungan-keuntungan yang diberikan oleh produk asuransi tersebut. Setiap jenis asuransi kendaraan, setiap penyedia perusahaa, tentu menawarkan keuntungan yang beragam. Perhatikan hal tersebut dan pilihlah yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Bandingkan Penyedia Asuransi

Dari banyaknya penyedia asuransi, setiapnya setidaknya memiliki keuntungan dan kekurangnnya masing-masing, bukan? Cermati hal-hal itu. Bandingkan penyedianya dan produk asuransi yang ditawarkan. Dengan melakukan hal ini, Anda pasti akan bisa memilih penyedia asuransi yang memang benar-benar sesuai untuk Anda.

4. Perhatikan Kredibilitas Penyedia

Setiap penyedia asuransi memiliki nilainya sendiri. Dari banyaknya penyedia asuransi, cermati mana yang memberikan nilai-nilai positif bagi Anda. Anda bisa memantaunya melalui layanan-layanan yang diberikan. Misalnya pendapat dari pengguna lain. Perhatikan ulasan dari pengguna lainnya, rasio keluham, fitur layanan, prosedur klaim, dan lain-lainnya.

Website Resmi MSIG (www.msigonline.co.id)

Penyedia Asuransi Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Masih bingung memilih asuransi yang tepat? Anda bisa mencoba layanan asuransi yang ditawarkan oleh PT. Asuransi MSIG Indonesia. Perusahaan ini telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun dan sampai sekarang terus berkembang untuk menyediakan asuransi terbaik. Hal baru dari perusahaan ini adalah terbentuknya MSIG Online. Kini, dengan MSIG Online, akese menuju asuransi lebih mudah dan lebih jelas.

MSIG Online hadir untuk kebutuhan Anda dengan produk-produk asuransi unggulannya. Beli asuransi mobil pun sudah bisa dilakukan online hanya dengan melalui website saja tanpa harus berkunjung ke kantor perusahaan.

Bagaimana, apalah saat ini wawasan Anda sudah benar-benar terbuka terhadap asuransi? Memiliki asuransi sangat berguna untuk Anda karena asuransi dapat sangat membantu Anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya sudah banyak disebutkan di atas. Mari mulai sadar atas pentingnya melindungi aset yang dimiliki. Jangan sampai Anda mengalami kerugian karena tidak tahu bagaimana menjaganya.

Leave a Comment